Sabtu, 24 Desember 2016

HAKIKAT BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH



Latar belakang perlunya bimbingan dan konseling di sekolah karena adanya (1) kesadaran tentang perbedaan individual, (2) kesadaran akan perlunya sistem pengajaran dan pelayanan kependidikan yang berpusat pada kebutuhan dan karakteristik anak, (3) kesadaran akan perlunya penerapan konsep demokrasi dalam pendidikan, (4) kesadaran akan permasalahan individu dalam kehidupan masyarakat yang selalu berubah dan berkembang dan (5) kesadaran akan persoalan yang dihadapi dalam kehidupan yang modern.
Bimbingan merupakan bagian integral dari upaya pendidikan, oleh sebab itu bimbingan juga merupakan bagian dari tugas guru sebagai pendidik yang tidak dipisah-pisahkan dengan tugas mengajar dan tugas administrasi. Bimbingan sendiri merupakan proses membantu individu siswa untuk dapat memahami diri, mengenal lingkungan an merencanakan masa depannya sehingga diharapkan dapat mencapai perkembangan yang optimal sebagai pribadi dan sebagai anggota masyarakat yang demokratis.
Didalam bimbingan sendiri memiliki tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum bimbingan adalah membantu perkembangan siswa secara optimal, sedangkan tujuan khususnya bergantung kebutuhan dan karakteristik perkembangan siswa atau tahap perkembangan siswa.
Hakikat bimbingan di sekolah dasar diantaranya sebagai berikut:
  1. Bimbingan disekolah dasar merupakan suatu proses bantuan yang kontinu.
  2. Bimbingan di sekolah dasar merupakan proses membantu individu.
  3. Bimbingan disekolah dasar diberikan atas dasar pemahaman tentang kebutuhan, masalah dan karakteristik individual anak.
  4. Bimbingan di sekolah dasar bukan monopoli kegiatan suatu profesi.
  5. Bimbingan disekolah dasar adalah untuk semua siswa.
  6. Fungsi bimbingan di sekolah dasar bukan hanya supaya siswa dapat memecahkan masalah atau kesulitan yang dihadapinya, tetapi juga supaya siswa dapat terhindar dari masalah yang mengganggu proses perkembangannya serta dapat mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya secara optimal.
  7. Bimbingan disekolah dasar merupakan bagian integral dari keseluruhan upaya pendidikan.
  8. Bimbingan disekolah dasar menggunakan pendekatan pribadi.
  9. Bimbingan disekolah dasar meliputi 3 bidang masalah siswa, yaitu bimbingan belajar, bimbingan sosial-pribadi, dan bimbingan karier.
  10. Evaluasi keberhasilan bimbingan dan konseling di sekolah dasar merupakan bagian dari kegiatan program bimbingan.
  11. Pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah dasar memerlukan sumber daya yang memadai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar