Kamis, 22 Desember 2016
PENDEKATAN PEMBELAJARAN HOLISTIK
Dalam pendekatan holistik atau terpadu, suatu objek akan terlihat maknanya apabila diamati secara menyeluruh, bukan terpisah-pisah. Pendekatan ini merupakan aplikasi teori dari psikologi Gestalt. Dalam pendekatan pembelajaran, aplikasi teori Gestalt dapat dilihat, sebagai berikut.
1. Pengalaman memahami
2. Pembelajaran yang bermakna
3. Perilaku bertujuan
4. Prinsip ruang hidup
5. Transfer dalam pembelajaran
Selanjutnya untuk dapat memperlihatkan proses belajar sebagai proses yang terpadu, terapat 9 hal yang perlu diperhatikan.
1. Pembelajaran berfungsi secara penuh untuk membantu perkembangan individu seutuhnya.
2. Pembelajaran merupakan aktivitas belajar siswa untuk memperoleh pengalaman yang menempatkan siswa sebagai pusat.
3. Pembelajaran diarahkan untuk memberikan ruang gerak siswa secara aktif dan intensif.
4. Pembelajaran harus menjamin setiap siswa pada posisi yang baik dalam suasana kebersamaan untuk menyelesaikan proses yang dihadapi.
5. Pembelajaran sebagai proses terpadu mendorong siswa untuk terus menerus belajar.
6. Belajar secara terpadu memberikan kemungkinan yang luas agar siswa belajar dengan irama dan gayanya masing-masing, tentunya dengan standar-standar yang ditetapkan sendiri-sendiri.
7. Pembelajaran secara terpadu dapat berfungsi dan berperan secara efektif yang menciptakan lingkungan belajar yang melihat berbagai aspek.
8. Pembelajaran terpadu memungkinkan agar pembelajaran bidang study tidak harus secara terpisah.
9. Pembelajaran terpadu memungkinkan adanya hubungan antara sekolah dan keluarga.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar