Sabtu, 24 Desember 2016

IMPLIKASI TEORI BELAJAR KONSEP DALAM PEMBELAJARAN



Terdapat 2 langkah dalam pembelajaran yang berbasis teori belajar konsep, yaitu (1) penemuan konsep-konsep yang diajarkan, dan (2) perencanaan pelajaran yang mencakup penentuan tingkat pencapaian konsep dan analisis konsep.
1. Penentuan konsep-konsep yang akan diajarkan
Sedikitnya ada 2 hal yang harus dipertimbangkan ketika kita akan memberikan pembelajaran konsep. Pertama, perkembangan kognitif atau usia peserta didik yang kerap kali membuat biasnya pembelajaran konsep. Persoalannya konsep-konsep yang diajarkan harus sesuai dengan perkembangan kognitif atau usia peserta didik atau tergantung pada pencapaian konsep mana yang akan diajarkan kepada peserta didik. Jika materi tersebut secara potensial hanya menuntut kemampuan pencapaian konsep-konsep konkret mungkin peserta didik yang usia belia pun bisa mengikutinya. Tetapi jika materi pembelajaran itu secara potensial hanya menuntut pencapaian konsep-konsep formal maka jelas bahwa peserta didik yang harus mengikutinya ialah mereka yang telah masuk pada taraf perkembangan kognitif operasional formal menurut piaget. Sampai disini, jelaslah bahwa seorang guru yang akan memberikan pembelajaran konsep harus memahami betul tahap perkembangan kognitif peserta didik.
Kedua, tingkat pencapaian konsep yang diharapkan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dirumuskan. Apakah konsep yang diharapkan yang dicapai itu pada tingkat konkret, tingkat klasifikasi atau tingkat formal? Hal.ini harus betul-betul dipertimbangkan sebab akan terkait dengan sampai sejauh mana penganalisisannya. Tetapi kebanyakan guru lebih menekankan pada konsep-konsep yang bersifat emergency bagi peserta didiknya.
Namun demikian, guru harus tetap memperhatikan dimensi perkembangan kohnitif dan tujuan pencapaian konsep-konsep yang akan diajarkan. Tentu saja seorang guru harus tetap berpedoman kepada kurikulum yang berlaku sehingga lebih menambah orientasi tujuan pendidikan kita.

2. Perencanaan pembelajaran konsep
Jika seorang guru sudah memilih konsep-konsep yang akan diajarkan maka selanjutnya guru perlu menentukan strategi-strategi pembelajarannya. Ada 2 langkah yabg perlu dilaksanakan dalam rencana pembelajaran konsep, yaitu:
a. Penentuan tingkat pencapaian konsep
Penentuan tingkat pencapaian konsep perlu didasarkan pada tuntutan kurikulum, perkembangan peserta didik, dan tingkat kepentingan konsep.
b. Analisis konsep
Analisis konsep mencakup nama, atribut-atribut kriteria dan variabel, definisi, contoh-contoh dan mencontoh dan hubungan konsep dengan konsep-konsep lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar