Didalam lingkungan keluarga,
interaksi pendidikan terjadi antara orang tua sebagai pendidik dan sebagai
peserta didik. Interaksi ini berjalan tanpa recana yang tertulis. Orang tua
sering tidak mempunyai rencana yang jelas dan rinci kemana anaknya akan
diarahkan, dengan cara apa mereka akan di didik, dan apa isi pendidikannya.
Orang tua umumnya mempunyai harapan tertentu pada anaknya, mudah-mudahan ia
menjadi anak sholeh dan sholehah, bermanfaat, cerdas, dan sebagainya, tetapi dengan
rincan yang tidak terencana.
Interaksi pendidikan antara orang
tua dengan anaknya juga sering tidak didasari. Dalam kehidupan keluarga
interaksi pendidikan dapat terjadi setiap saat, setiap kali orang tua bertemu,
berdialog, bergaul dan bekerja sama dengan anak-anaknya. Pada saat demikian,
banyak perilaku dan perlakuan spontan yang diberikan anak, sehingga kemungkinan
terjadi keslahan-kesalahan mendidik yang sangat besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar