Sabtu, 24 Desember 2016

TUJUAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR



Semua siswa memiliki kebutuhan untuk mengembangkan pemahaman diri, serta pemahaman dan apresiasi terhadap individu yang hidup didunia ini. Didalam suatu masyarakat yang majemuk individu harus memperoleh informasi dan memberi respons yang tepat.
Bimbingan perkembangan didasarkan atas suatu premis bahwa suatu penghargaan yang positif terhadap martabat manusia merupakan suatu hal yang esensial dalam masyarakat yang saling bergantung, seperti sekarang ini. Agar mencapai tujuan-tujuan ini, setiap orang yang terlihat didalam program bimbingan dan konseling disekolah dasar harus berupaya mencapai tujuan berikut ini, yaitu semua siswa dapat:
1. Mengalami perasaan positif dari interaksi dengan teman sebayanya, guru, orang tua dan orang dewasa lainnya.
2. Memperoleh makna pribadi dari aktivitas belajarnya.
3. Mengembangkan dan memelihara perasaan positif terhadap dirinya, terhadap kekhasan nilai yang dimilikinya serta dapat memahami dan menghubungkan dengan perasaannya.
4. Menyadari akan pentingnya nilai yang dimiliki dan mengembangkan nilai-nilai yang konsisten dengan kebutuhan hidup dalam masyarakat yang majemuk.
5. Mengembangkan dan memperkaya keterampilan studi untuk memaksimumkan kecakapan yang dimilikinya.
6. Belajar tentang berbagai keterampilan yang diperlukan untuk hidup lebih baik dalam perkembangan yang wajar dan dalam memecahkan masalah-masalah yang mungkin dihadapinya.
7. Mengembangkan keterampilan-keterampilan penyusunan tujuan, perencanaan dan pemecahan masalah.
8. Mengembangkan sikap-sikap positif terhadap kehidupan.
9. Menunjukkan tanggung jawab terhadap tingkah lakunya.
10. Bekerja dengan orang tua dalam berbagai program yang terencana untuk membantu anak mengembangkan sikap dan keterampilan yang dapat memperkaya kemampuan akademik dan kemampuan sosial anaknya.
11. Bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memperkaya aktivitas belajar anak.

Kesimpulan dari tujuan-tujuan tersebut adalah memberi kemudahan belajar pada siswa SD. Asumsinya bahwa misi dasar dan tujuan utama pendidikan sekolah adalah membelajarkan siswa. Oleh sebab itu jika bimbingan dan konseling merupakan bagian dari proses pendidikan maka seluruh aktivitas bimbingan harus diarahkan pada pembelajaran siswa. Para siswa harus belajar dengan perasaan yang kompeten dan percaya pada kemampuan dirinya sebagai pelajar; para siswa tumbuh pada iklim yang membelajarkan mereka tentang dirinya dan tentang lingkungan sekitarnya sehingga mereka memiliki peluang yang lebih baik untuk menjadi orang dewasa yang sehat dan kompeten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar